Senin, 05 Juli 2010

Menanam Buah di Halaman Rumah (1)

Kenaikan harga, ikut berimbas pada mahalnya harga buah-buahan, khususnya buah impor. Nah, mengapa tidak menanamnya sendiri. Toh, kini banyak bibit tanaman yang bisa ditanam di tanah berukuran terbatas. Kussusanti menjelaskan cara bertanam dan pemeliharaannya untuk Anda.

SEMANGKA

Ada sembilan jenis semangka Taiwan yang banyak dikenal, yakni New dragon, Red delicious, Farmers giant, Yellow baby, Lucky mountain, Flower mountain, serta Shining red, Golden crown dan Quality.

Semangka Taiwan rata-rata berbentuk bulat panjang, kecuali Yellow baby yang bulat bentuknya. Beratnya beragam, mulai dari yang paling kecil yakni Red delicious dengan berat sekitar 2 kg, sampai Flower monuntain yang bisa mencapai 15 kg. Kulit buahnya pada umumnya bergaris dengan warna kontras hijau tua dan muda, kecuali Lucky mountain yang berwarna hijau gelap polos dan Golden crown yang berwarna kuning emas.

Warna daging buah semangka Taiwan kebanyakan merah merata, kecuali Yellow baby yang berwarna kuning cerah dengan sedikit biji. Di antara kesembilan jenis semangka Taiwan ini, hanya ada satu yang tidak berbiji, yakni jenis Quality.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyemaikan benih semangka dalam kantong plastik berisi media tanam. Benih tanaman bisa Anda beli di kios-kios penjual bibit tanaman buah. Tiap kantong cukup berisi dua butir benih semangka. Untuk cadangan, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa kantong penyemaian. Jika Anda memilih semangka non biji, sebaiknya ujung benih diretakkan terlebih dahulu dengan gunting kuku, untuk memudahkan perkecambahan karena benih semangka non biji lebih tebal daripada yang berbiji.

Dengan perbandingan 1:1, tiap kantong diisi campuran tanah dan pupuk kandang. Jangan lupa menambahkan satu sendok kecil furadan pada setiap kantong untuk mencegah hama dan penyakit. Sirami kantong setiap hari dan letakkan kantong di tempat yang terkena sinar matahari pagi.

Setelah sepuluh hari, pindahkan bibit itu ke tanah di halaman rumah Anda yang juga mendapat cukup sinar matahari sejak pukul 9 pagi hingga 4 sore. Sebelumnya tanah harus dicampur dengan 1 kg pupuk kandang dan 1 sendok urea yang dilarutkan dalam 10 liter air. Kemudian gemburkan tanah.

Setiap minggu, berikan fungisida dan insektisida sebanyak 1 sendok kecil yang dilarutkan dalam 10 liter air. Perawatan ini diikuti dengan pemberian urea, TSP, dan KCI dengan dosis yang sama seperti pemupukan pertama. Hal ini dilakukan setiap dua minggu pada dua bulan pertama. Sedangkan pada bulan ketiga, berikan 1 kg pupuk kandang.

Nah, sekitar tiga bulan, Anda sudah dapat melihat hasilnya. Bakal buahnya mulai tampak. Tapi, Anda perlu menggantung buah tanaman merambat ini pada sebilah kayu atau gantungkan di pagar halaman, agar tidak busuk karena terandam air hujan. Setiap dua minggu, berikan pupuk TSP dan KCI, masing-masing sebanyak 1 sendok. Buah bisa dipetik setelah masak, yakni jika sulur kecil di bawah buah sudah mengering.

Selain benih dari Taiwan, Anda bisa juga memilih benih dari Jepang dan Amerika. Ada 5 jenis semangka Jepang yang banyak dikenal, yakni Golden summer, Summer king, Black beauty, World king dan World queen. Golden summer berbentuk bulat dengan daging berwarna kuning. Beratnya sekitar 10 kg, kulitnya hijau yang lebih gelap. Jenis Summer king juga berbentuk bulat dengan kulit hijau bergaris hijau sangat gelap. Beratnya sekitar 7 kg dengan daging merah dan sangat manis.

Ciri khas jenis Black beauty, warna kulitnya yang hijau gelap dan polos, dengan berat 6 kg. Dagingnya berwarna merah cerah. Jenis World king dan World queen memiliki kesamaan pada bentuknya yang oval dengan berat 10 kg dan warna dagingnya merah rose. Perbedaannya terletak pada kulitnya. World king bergaris hijau gelap, sedangkan world queen berwarna hijau cerah.

Semangka Amerika yang banyak dikenal adalah jenis Tiffany, Blue belle dan Cardinal. Tiffany merupakan semangka tanpa biji, berbentuk bulat dengan berat 7-11 kg. Kulitnya hijau muda dengan garis hijau tua. Daging buahnya merah, lembut dan sangat manis. Sedangkan Blue belle memiliki kulit biru kehijauan sangat gelap, dengan berat sekitar 5 kg. Daging buahnya merah dan manis. Jenis Cardinal berbentuk bulat panjang dengan warna kulit hijau kebiruan bergaris. Buahnya merah dan manis, dengan berat 5-9 kg.

Sumber: Tabloid Nova, Senin, 1 Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar