Senin, 05 Juli 2010

Jangan Biarkan Tanaman Anda Terkulai

Sungguh menyebalkan melihat tanaman layu terkulai. Rasanya tangan sudah gatal ingin mengguntingnya. Jangan keburu nafsu. Tanaman yang layu masih bisa kita segarkan lewat upaya yang tepat. Tentu saja sebelumnya harus kita ketahui lebih dahulu penyebabnya. Percayalah lewat penanganan yang tepat, tanaman Anda yang layu tadi, kini tegar kembali dan siap menghiasi ruang tamu atau ruang keluarga Anda.

Ada dua kemungkinan penyebab tanaman hias Anda tiba-tiba menjadi layu. Pertama, tanahnya terlalu kering. Penyebab kedua justru sebaliknya. Tanaman Anda terlalu banyak air. Mudah saja mendeteksinya, pegang tanahnya. Bila memang terlalu kering, segera siram dengan air secukupnya dan letakkan di luar rumah. Tetapi hindari tanaman dari sinar matahari langsung. Letakkan di tempat yang terlindung sampai daun yang merunduk dapat tegar kembali.

Nah, bagaimana bila masalahnya terlalu banyak air? Ada dua cara untuk mengatasinya. Yang pertama, keluarkan seluruh isi pot. Kehati-hatian Anda amat diperlukan di sini agar akar-akar tidak putus.

Kemudian bungkus sekeliling permukaan tanah dengan serbet kertas, koran, atau kain yang dapat menyerap air. Bila kertas sudah mulai basah, ganti dengan yang kering. Lakukan demikian berulang-ulang sampai kertas tidak lembap. Kini masukkan kembali tanaman Anda ke dalam pot yang telah dibersihkan. Setelah itu angin-anginkan dulu di luar rumah. Cara kedua, tiriskan tanaman hias tersebut dengan cara mengeringkan pot, agar air dapat mengalir dari lubang-lubang yang berada di bawah pot.

Tanaman yang ditempatkan di dalam ruang sebaiknya tidak disiram setiap hari, cukup empat sampai 6 hari sekali. Tetapi bila udara di ruang tamu atau keluarga Anda panas atau dingin karena AC, periksalah secara berkala tanaman yang diletakkan di situ. Karena mungkin saja tiap tiga hari Anda sudah harus memberikannya minum.

Yang patut diingat juga, sebelum tanaman yang telah disiram dimasukkan kembali ke dalam rumah, periksa dulu apakah daunnya betul-betul sudah kering. Daun yang basah akan cepat membusuk bila berada di ruang tertutup.

HP/Mary Jane
 
Sumber: Tabloid Nova, Selasa, 16 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar