Senin, 05 Juli 2010

Cantiknya Warna-warni Adenium Baru (1)

Anda pecinta tanaman adenium? Saatnya me­ngoleksi jenis adenium baru yang kaya warna dan memiliki petal ganda. Jika selama ini Anda hanya menemukan adenium petal single, kini Anda bisa menemukan adenium petal double dan triple. Jangan heran kalau penampilannya makin mendekati penampakan mawar. Ya, Godong Ijo Nursery di Sawangan, telah berhasil menyilangkan jenis-jenis adenium baru yang makin kaya warna dan tipe petal.

“Ada 6 jenis baru adenium, 3 di antaranya petal ganda (double dan triple). Biasanya, adenium hanya satu petal,” kata Ir. Slamet Budiarto, Manager Operasional Godong Ijo. Sementara 3 jenis lainnya single dengan warna baru.

Kemunculan adenium petal ganda sebetulnya baru dimulai di dunia adenium tahun 2007, diawali oleh doxon. Berasal dari Vietnam, ia kemudian dibawa ke Thailand. “Nah, kita beli di Thailand, kemudian diperbanyak dan disilangkan. Akhir tahun 2008, muncul lagi jenis yang memperbaiki jenis sebelumnya. Jenis doxon sendiri memang bunganya tidak banyak, tidak kompak, tapi memang lain dari yang lain karena petalnya. Waktu itu sempat jadi tren,” lanjut Slamet.

Dua jenis lain yang memperbaiki sifat-sifat sebelumnya adalah reddoxon dan harrixon. Keduanya memiliki bunga yang lebih kompak, warnanya lebih merah, dan memiliki corak khusus, seperti splash yang sebelumnya tidak ada.

Seperti Mawar

Foto: Dok. NOVA

Keenam jenis baru tersebut 3 di antaranya adalah single petal, masing-masing bernama Ye-lo tipe R, Kibbo, dan Aliza variegata. Sementara 3 jenis lain yang memiliki petal ganda dengan corak warna berbeda adalah Ngoc Long, Dizzie dan Clara. Jenis triple petal ini baru ada dan merupakan hasil silangan Godong Ijo. “Kalau doxon, redoxon, dan harrixon dari Thailand, yang ini benar-benar hasil silangan sendiri,” kata Slamet.

Sumber: Tabloid Nova / Kamis, 7 Januari 2010



Tidak ada komentar:

Posting Komentar